Puskom Unipdu Berkesempatan Menjadi Pembicara di Gnome Asia Summit 2016 India

By: Admin | Posted on: 2016-04-28 | Kunjungan : 290

Salah satu staf Puskom Unipdu Jombang, Muhammad Miftakhul Syaikhuddin berkempatan untuk menjadi pembicara di acara GNOME Asia Summit 2016 yang diselenggarakan pada tanggal 21-24 April 2016 bertempat di New Delhi atau lebih tepatnya di Manav Rahna International University (MRIU) Faridabad, Haryana (Delhi NCR). Menurut Mifta, sapaan dari staf puskom, “Gnome Asia Summit merupakan acara tahunan Gnome untuk masyarakat Gnome di Asia. Dalam acara tersebut bukan hanya fokus pada persoalan desktop Gnome, tetapi juga membahas tentang aplikasi dan pengembangan platform tools. Acara ini membawa bersama komunitas GNOME di Asia ke dalam sebuah forum diskusi yang diantaranya dihadiri oleh pengusaha, pemerintah, pendidik, pengembang, member foundation, peserta dan semua elemen masyarakat untuk diskusi mengenai perkembangan teknologi dan pengembagan kedepannya”.


Acara Gnome Asia dibuka dengan acara Workshop yang dibagi menjadi 3 (tiga) section workshop, diantaranya Make your first contribution yang disampaikan oleh Member Board GNOME Foundation Ekaterina Gerasimova, kemudian dilanjutkan Writing a GNOME applications for newcomers dan yang terakhir adaah sesi teknis hacking dengan Nirbheek Chauhan, Arun Raghavan dengan tema Gstreamer in your GNOME: Hands-on multimedia hacking. Dari kesemua materi tersebut kesemaunya dihadiri oleh beberapa elemen dari mulai pengajar atau pendidik sampai dengan mahasiswa. Dan perserta antusias untuk mengikuti workshop tersebut. Disela-sela acara ada juga section untuk tea break dan makan siang untuk memberikan waktu jeda pembicara dan peserta untuk diskusi tentang workshop yang telah diikuti.


 

Hari kedua tanggal 22 April 2016 menurut staf kami acara inti dari Gnome Asia Summit 2016 yaitu konferensi. Pada hari itu acara dibuka dengan sambutan dari GNOME Member yang diwakili oleh Bin Li dari Tiongkok dan Ahmad Haris dari Indonesia serta Panitia Local diwakili oleh Syobha Tyagi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Manav Rahna International University. Dilanjutkan seminar-seminar yang dibagi dalam beberapa kelas dan sebelumnya dibuka dengan Keynote Speaker oleh Cosimo Cecchi salah satu Member Board dengan tema The next billion GNOME users. Setelah acara keynote speaker ada sesi Lighting Talk sebelum acara dan sesudah acara seminar yang terbagi dalam beberapa kelas, Lighting talk merupakan ajang pemaparan ide ataupun sharing tentang pengalaman beberapa pembicara.


Puskom Unipdu mendapatkan kesempatan berbicara di sesi Lighting Talk diakhir hari pertama sebelum acara pada hari pertama usai. Staf kami membawakan tema tentang “GNOME for Education”. Menurut mifta, dia membawakan tema tersebut guna adanya kolaborasi antara komunitas atau wadah pengembangan bakat-bakat yang di dunia pendidikan di Asia, anatara lain peserta didik dapat ikut serta kontribusi dalam sebuah komunitas tersebut yang dapat kerjasama dengan perusahaan besar seperti Google. Sehingga komunitas tersebut dapat membentuk karakter dan skill dari peserta didik sebelum terjun di dunia kerja. Dan peserta didik mendapatkan pengalaman kerja yang baik dalam kontribusinya sehingga peserta didik tersebut secara tidak langsung ada track record pengalaman yang berguna dalam menambah portofolio peserta didik tersebut.

Di hari ketiga penyelenggaraan konferensi terdapat topik menarik diantaranya penggunaan perangkat lunak open sosurce disalah satu perusahaan Metal Roofing di Indonesia yang dipresentasikan oleh Iwan S. Tahari, dalam paparannya perusahaan tersebut menggunakan perangkat lunak open source untuk mendukung berjalannya perusahaan dan menekan biaya produksi untuk membeli lisensi perangkat lunak. Dan juga tema FOSS in Indonesia Election yang disampaikan oleh Syah Dwi Prihatmoko.

Diakhir acara atau hari ke-empat konferensi peserta, pembicara, GNOME Member, dan panitia lokal mendapatkan kesempatan untuk travelling ke Agra, yakni salah satu tempat yang menarik yang untuk dikunjungi. Karena terdapat bangunan bersejarah dan termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia yaitu Taj Mahal. (MMS)

Image taked by Syah Dwi.