Yukk.. Cek Data Kamu di Forlap Kemristek Dikti.

By: Admin | Posted on: 2016-04-17 | Kunjungan : 19875

Sebagai bentuk pertanggungjawaban sebuah institusi pendidikan untuk selalu melaporkan data mahasiswa beserta dengan kegiatan akademik, maka semua institusi pendidikan di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Pendidikan Tinggi  wajib untuk melaporkan seluruh kegiatan akademik ke Kemristek Dikti melalui laman PDDIKTI (Forlap).

Selain sebagai bentuk tanggungjawab, database PDDIKTI bisa juga digunakan sebagai rujukan pada lulusan institusi perguruan tinggi untuk mendapatkan pengakuan atas capaian selama melaksanakan kegiatan akademik. Hal ini dikarenakan, jika sesorang dikatakan mahasiswa atau lulusan yang datanya tidak tercantum dalam laman PDDIKTI (forlap) maka keberadaannya sebagai mahasiswa atau lulusan akan dipertanyakan.

Unipdu sebagai salah satu institusi pendidikan di bawah Kemristek Dikti dalam koordinasi Kopertis Wilayah 7 Jawa Timur, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada mahasiswa, alumni dan masyarakat, maka Unipdu selalu aktif melaporkan semua kegiatan akademik pada setiap semesternya (per Tahun Akademik). Dan sebagai kontrol balik, pihak Unipdu juga mengharapkan kepada seluruh mahasiswa yang aktif, maupun alumni untuk selalu melihat ke laman PDDIKTI (forlap).

Sebagai bahan rujukan, di bawah ini merupakan simulasi bagaimana cara melihat data mahasiswa di laman PDDIKTI (forlap).

Langkah pertama silahkan mengunjungi laman PDDIKTI di : http://forlap.dikti.go.id/

Selanjutnya silahkan masuk pada Menu Pencarian Data sub menu Profil Mhs

 

Kemudian anda akan diarahkan pada halaman Pencarian data mahasiswa.

Untuk Nama perguruan tinggi silahkan masukkan Kode : 071065

Kemudian pilih prodi asal anda, kata kunci bisa NIM atau Nama (yang tepat NIM)

Kemudian masukkan kode pengaman dengan benar dan Klik Cari Mahasiswa :

 

Setelah itu anda akan diarahkan ke laman data mahasiswa hasil pencarian :

Untuk melihat detail mahasiswa silahkan klik Nama Mahasiswa yang bersangkutan sehingga anda akan diarahkan ke laman detail profil mahasiswa :

 

Dengan kesamaan data yang ada di lama PDDIKTI, maka secara sah pengakuan atas keberadaan mahasiswa akan bisa diakui dan bisa digunakan sebagai rujukan. (NB)