Pelatihan fotografer professional

Pelatihan fotografer professional

Pada tanggal 19 Maret 2022, PuskomNET menyelenggarakan pelatihan fotografi tingkat dasar. Pelatihan yang berlangsung sehari penuh diselenggarakan di ruang workshop PuskomNET kampus utama UNIPDU. Tercatat lima orang peserta yang kesemuanya adalah mahasiswa UNIPDU antusias mengikuti aktivitas ini. Lima orang tersebut terpilih sebagai peserta riset kolaborasi dosen dan mahasiswa program Kampus Merdeka DIKTI. Oleh karenanya mereka berhak mendapatkan dana riset yang diperoleh oleh Assoc. Prof Uswatun Qoyyimah Ph.D untuk melakukan kegiatan ini.

Dalam pelatihan ini teori elemen-elemen fotografi seperti objek foto, pencahayaan, dan komposisi diajarkan secara komprehensif. Para peserta dapat dengan nyaman mengikuti kegiatan karena didukung ruang yang nyaman, peralatan yang lengkap, dan tenaga ahli yang kompeten. Praktek fotografi dilanjutkan dengan mengolah foto menggunakan aplikasi computer juga dapat dilakukan dengan lancer. Meskipun tingkat pelatihan ini adalah tingkat dasar, dukungan ruang dan peralatan mampu membuat para peserta menghasilkan foto yang berkualitas.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali mahasiswa kemampuan melakukan publikasi popular kegiatan riset dan hasil-hasilnya yang menjadi salah satu kreteria riset kolaborasi.  Kemampuan fotografi menjadi relevan di era media social saat ini, karena publikasi dengan fotografi dapat cepat menarik minat masyarakat untuk mengetahui kegunaan sebuah riset. Kemampuan mahasiswa yang diolah dari aktivitas ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi mahasiswa dengan pengalaman dan kompetensi yang menjadi kebutuhan dalam dunia kerja di era revolusi industri 4.0.